Cara Mudah Mengatasi Laptop Kepanasan


Panas merupakan salah satu masalah utama laptop. Hal tersebut timbul karena penggunaan dalam jangka waktu yang lama, serta digunakan untuk menjalankan aplikasi atau game berat.

Tak heran bila kebanyakan laptop kelas atas memiliki sistem pendingin khusus untuk mendinginkan komponen di dalamnya. Namun bagaimana dengan laptop kelas menengah ke bawah?

Seperti yang dikutip dari metrotvnews.com, Seorang pengguna Twitter asal Jepang berhasil menemukan solusi murah dan mudah untuk mendinginkan laptop dan melindunginya dari masalah kepanasan atau overheating, yaitu menempatkan jejeran koin 100 yen tepat di atas bagian laptop yang menghasilkan panas.

Menurut pengguna Twitter bernama akinori_suzuki tersebut, koin 100 yen yang terbuat dari tembaga terbukti dapat menghantarkan panas lebih baik ketimbang heatsink aluminium yang digunakan di banyak laptop kelas menengah ke bawah.

Tips dari akinori_suzuki pun langsung mendapat perhatian para netizen Jepang. Beberapa orang kemudian mencoba tips tersebut dan mengatakan bahwa mereka berhasil menurunkan suhu laptopnya. Tidak hanya itu, seorang pengguna Twitter bernama k_nitadori bahkan mencoba menggunakan koin 100 yen sebagai heatsink dari komponen PC-nya.

Lalu bagaimana dengan kita yang tinggal di Indonesia? Indonesia pun memiliki koin berbahan tembaga, namun sayangnya peredarannya sudah banyak yang dihentikan dan keberadaannya semakin langka. Meskipun demikian, Anda masih dapat menggunakan lempengan tembaga untuk mengganti koin tersebut.

Source : Terselubung.in